Headlines
Loading...
HOME NASIONAL DAERAH TUBABA PESAWARAN SUMSEL ASAHAN
DPRD Lamsel Apresiasi Pencapaian Bupati Nanang Ermanto

DPRD Lamsel Apresiasi Pencapaian Bupati Nanang Ermanto


KALIANDA - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah ( DPRD) Lampung dari Fraksi Demokrat mengapresiasi atas prestasi dan capaian Bupati Lampung Selatan. H, Nanang Ermanto.


Selain memberikan apresiasi kepada Bupati atas mempertahankan kembali Opini WTP, Fraksi Demokrat juga memberikan beberapa masukan dan catatan yang harus di evaluasi kembali oleh pemerintah daerah.


Hal tersebut disampaikan oleh ketua Fraksi Demokrat, Jenggis Khan Haikal, saat menyampaikan pendangan umum Fraksinya di Rapat Paripurna DPRD Lampung Selatan dalam rangka Penyampaian Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Lampung Selatan Tahun Anggaran (TA) 2020 oleh Bupati Lampung Selatan, kepada DPRD setempat secara virtual, Rabu (9/6) /2021).


Menurutnya Anggaran 2020 ini, merupakan sebuah bentuk aplikasi sistem pertanggungjawaban anggaran

dalam penyelenggaraan pemerintahan di daerah.


Selain sebagai wujud akuntabilitas

pengelolaan dan penggunaan anggaran, pertanggungjawaban pelaksanaan APBD juga sebagai sarana untuk melakukan evaluasi terhadap target serta pencapaian kinerja program pembangunan daerah yang telah dilaksanakan selama 1 Tahun Anggaran.


Sebagaimana kita ketahui, berdasarkan Laporan Hasil Pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas Laporan Keuangan Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan untuk kesekian kalinya mendapat predikat dengan hasil Opini “WAJAR TANPA

PENGECUALIAN” (WTP) atau Unqualified Opinion.


“Untuk itu sudah sepantasnya Apresiasi dan penghargaan yang setinggi tingginya kami berikan kepada Bupati dan Wakil Bupati beserta segenap jajaran atas kerja kerasnya sehingga dapat mempertahankan kembali Opini WTP tersebut,”ujar ketua fraksi yang berlambangkan bintang itu.


Dikatakan Opini WTP tahun ini tentu saja patut kita syukuri sebab Opini tersebut bisa diartikan, ada perbaikan dan peningkatan dalam manajemen pengelolaan dan pelaporan keuangan daerah.


Dengan harapan Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan. Kedepan kualitas manajemen pengelolaan keuangan daerah Kabupaten Lampung Selatan terus ditingkatkan, tentu saja diiringi

dengan kualitas pelaksanaan kegiatannya. Sehingga dari seluruh program yang dilaksanakan, diperoleh output, outcome, impact maupun benefit yang jelas sebagaimana diharapkan.”katanya.


BACA JUGA  Pabrik Obat PT Pyridam Farma di Cianjur Dicek Kabareskrim Polri

Meski demikian Fraksi Demokrat memiliki beberapa poin dan catatan yang harus di evaluasi dan menjadi perhatian serius untuk meningkatkan perekonomian dan pembangunan di tengah Pandemi Covid-19 ini.


Pertama, Pemerintah Daerah lebih fokus dalam percepatan pertumbuhan ekonomi melalui Pembangunan,Pertanian,Investasi dan Kesehatan Dimasa pendemi ini,

sehingga capaian target kinerja bisa segera tercapai.


Kedua, Program kegiatan pembangunan fisik yang di recofusing kedepanya agar di kembalikan seperti semula, sehingga pembangunan fisik bisa dirasakan oleh masyarakat luas khususnya masyarakat Kabupaten Lampung Selatan.


Ke Tiga, Fraksi Demokrat mengingatkan bahwa Efektivitas Bantuan Sosial Covid-19 sangat bergantung pada tingkat akurasi data sehingga, perlu ada peningkatan langkah stretegis dalam transparasi data terkait kemiskinan.


Ke Empat, Fraksi Demokrat meminta agar pemerintah memperbaiki data yang tidak akurat yang mengakibatkan bantuan yang disalurkan salah sasaran, bahkan ada yang menerima bantuan ganda. Sedangkan di lain sisi ada warga yang seharusnya diprioritaskan mendapat bantuan, justru tidak mendapatkannya.


Maka barusnya Pemerintah Kabupaten melibatkan kepala desa sampai tingkat Rt/Rw dan masyarakat dalam memvalidasi data penerima Bantuan Sosial Covid-19.


Poin Kelima Fraksi Demokrat berharap kepada pemerintah agar Pembangunan yang bersumber dari keuangan daerah untuk membiayai kegiatan kegiatan pembangunan hendaknya berpedoman pada sisi input (masukan) outcome (hasil) benefit (manfaat) dan impact (dampak) sehingga target capaian kegiatan pembangunan bisa dirasakan oleh masyarakat.


Dari beberapa poin dan catatan saran pandangan umum, juru bicara Fraksi Demokrat sekaligus ketua Fraksi Jenggis mengatakan.


“Kami Fraksi Partai Demokrat DPRD Kabupaten Lampung Selatan, siap untuk membahas lebih lanjut ketahapan berikutnya.”kata dia di ujung penyampaian pandangan umum Fraksinya. (Red)

0 Comments: