Headlines
Loading...
HOME NASIONAL DAERAH TUBABA PESAWARAN SUMSEL ASAHAN
Produk Tapis Kapal Harumkan Kabupaten Lamsel di Kancah Nasional

Produk Tapis Kapal Harumkan Kabupaten Lamsel di Kancah Nasional

 


JAKARTA – Produk kerajinan Tapis Kapal hasil Industri Kecil Menengah (IKM) Lampung Selatan, berhasil mendapat penghargaan dari Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) pada Pameran Kerajinan Nusantara (Kriya Nusa) yang berlangsung di Hall A Jakarta Convention Center (JCC) mulai tanggal 21-25 September 2022.

Adapun, acara Pameran Kriya Nusa yang bertujuan untuk melestarikan, mengembangkan, dan mempromosikan keragaman produk kerajinan agar produk nasional semakin berkualitas dan berdaya saing tersebut, dibuka secara resmi oleh Ibu Negara Hj. Iriana Joko Widodo didampingi Ketua Umum Dekranas Hj. Wury Ma’ruf Amin.

Penghargaan itu membuktikan bahwa salah satu kerajinan tangan binaan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Lampung Selatan mampu bersaing di kancah nasional.

Penyerahan penghargaan ini dilaksanakan pada acara penutupan Pameran Kriya Nusa dan diterima oleh Ketua Dekranasda Kabupaten Lampung Selatan, yang diwakili oleh salah satu pengurus Dekranasda Kabupaten Lampung Selatan Ermayani, S.Sos.

Kerajinan Tapis Kapal milik Kabupaten Lampung Selatan menjadi produk unggulan berpotensi yang mampu bersaing dengan kerajinan tangan lainnya, yang mengikuti Pameran Kriya Nusa. Produk kerajinan tersebut menjadi sangat menonjol dengan motif tapis yang unik namun tetap menunjukkan sisi etnik yang begitu estetik.

Untuk diketahui, Dekranasda Kabupaten Lampung Selatan juga ambil bagian pada event ini dengan ikut memamerkan dan mempromosikan beberapa produk unggulan seperti kain tapis, kain inuh, batik ecopranting, serta produk UMKM khas Lampung Selatan lainnya.

Ermayani S.Sos selaku Pengurus Dekranasda Lampung Selatan menyampaikan, rasa syukur dan bangga atas prestasi yang berhasil diraih oleh IKM Kabupaten Lampung Selatan, pada Pameran Kriya Nusa. Dirinya berharap, produk Tapis Kapal tersebut dapat terus bersaing dan dikenal oleh masyarakat luas.

“Sebagai pengurus Dekranasda Lampung Selatan sangat bangga dengan hasil karya IKM yang ada di Lampung Selatan, produk-produk kitapun tak kalah kualitasnya dengan daerah-daerah lain,” jelasnya.

Ermayani juga mengatakan, Dekranasda Kabupaten Lampung Selatan akan terus mendukung dan memfasilitasi para perajin lokal, terutama para IKM dan UMKM daerah, agar bisa memperkenalkan produk unggulannya pada tingkat nasional maupun internasional.

“Dekranasda Kabupaten Lampung Selatan akan terus memberikan dukungan dengan mensupport para IKM Lampung Selatan. Kemudian, turut mempromosikan produk-produknya melalui pameran tingkat nasional maupun internasional,” ungkap Ermayani. (Kmf)

0 Comments: