Headlines
Loading...
HOME NASIONAL DAERAH TUBABA PESAWARAN SUMSEL ASAHAN
Fraksi PDIP DPRD Lampung Selatan Hadiri Penanaman Mangrove

Fraksi PDIP DPRD Lampung Selatan Hadiri Penanaman Mangrove


LAMPUNG SELATAN – Anggota Fraksi PDIP DPRD Lampung Selatan menghadiri penanaman 1.000 mangrove di Desa Ketapang, Kecamatan Ketapang, Lampung Selatan, Sabtu (26/2/2022).


Penanaman mangrove tersebut dipimpin langsung Ketua Komisi IV DPR RI Sudin.


Turut hadir pada giat tersebut, Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto, Kepala Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Idi Bantara, dan Ketua Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Provinsi Lampung Jekvy Hendra.


Sudin mengatakan, penanaman mangrove ini merupakan salah satu upaya untuk terus menjaga, merawat, dan melindungi kelestarian alam. Terlebih saat ini populasi pohon mangrove dan bakau yang berada di tepi pantai sudah terbilang langka.


“Untuk menjaga bumi, merawat bumi, kalau bukan kita siapa lagi. Kita sudah sering mendapat penghargaan dari pihak manapun. Karena apa kalau kita liat garis pantai ini kan makin lama makin berkurang, karena penahannya sudah tidak ada lagi, mangrovenya sudah tidak ada lagi ditebangin,” ujar Sudin.


Sudin mengungkapkan, kurangnya populasi pohon mangrove dan bakau di tepi pantai Indonesia, menyebabkan terjadinya penyusutan garis pantai akibat tidak adanya penahan dan pemecah gelombang ombak. Jika terus dibiarkan, hal tersebut dapat berdampak terhadap berkurangnya lahan daratan utama dan membahayakan masyarakat pesisir yang tinggal di tepi pantai.


“Karena kayu bakau itu dibuat areng sangat bagus sekali, bahkan bisa diekspor ke seluruh dunia. Kenapa bisa begitu, panasnya sangat tinggi dan tahan lama. Maka saya bilang saya tidak mau tau, semua yang berizin maupun tidak berizin stop untuk menebang mangrove. Kalau kita tanam mangrove hari ini kapan jadinya coba? Mungkin 10 tahun lagi,” ungkapnya.


Pada kegiatan itu, Sudin menyerahkan program RHL Agroforesty Tahun 2022 di wilayah KPH Way Pisang Kabupaten Lampung Selatan seluas 188 hektar kepada 4 kelompok.


Kemudian, Program Kegiatan Rehabilitas Mangrove di wilayah KPH Way Pisang Kabupaten Lampung Selatan seluas 15 hektar kepada 3 kelompok, serta program kegiatan bibit produktif Alpokat siger ratu puan sebanyak 100 batang kepada kepala desa ketapang.

0 Comments: