Headlines
Loading...
HOME NASIONAL DAERAH TUBABA PESAWARAN SUMSEL ASAHAN
Bunda Winarni Buka Pelatihan Musik Tradisional Dan Pengembangan Gerak Dasar Tari Lampung

Bunda Winarni Buka Pelatihan Musik Tradisional Dan Pengembangan Gerak Dasar Tari Lampung


KALIANDA – Ketua Umum Dewan Kesenian Lampung Selatan (DKLS) Hj. Winarni Nanang Ermanto membuka Pelatihan Musik Tradisional dan Pengembangan Gerak Dasar Tari Lampung di Sekretariat DKLS, Jum’at (29/7/2022).

Pembukaan Pelatihan Musik Tradisional dan Pengembangan Geral Dasar Tari Lampung tersebut, ditandai dengan pemukulan gong oleh Ketua Umum DKLS di dampingi para pejabat yang hadir.

Kegiatan ini akan berlangsung selama kurang lebih setengah bulan kedepan, mulai tanggal 29 Juli 2022 hingga 18 Agustus 2022. Dengan peserta pelatihan yaitu siswa SMA dan SMP yang terdapat di 17 Kecamatan se-Kabupaten Lampung Selatan.

Bunda Winarni para peserta yang hadir bisa ikut menjaga kelestarian tradisi seni dan budaya yang ada di Kabupaten Lampung Selatan, sekaligus membantu dalam mensosialisasikan budaya agar dapat diketahui oleh masyarakat luas.

“Harapan saya Peserta yang hadir disini yang dapat ilmu bisa ditularkan dibagi disosialisasikan kepada yang lain biar seni budaya kita terus meluas,” kata Winarni.

Selain itu, Winarni juga mengajak para pelaku seni untuk turut berkontribusi dalam kelestarian seni dan budaya daerah. Bukan hanya dilingkup Dinas Pariwisata dan DKLS, namun disemua lini masyarakat.

Menurutnya, ini menjadi salah satu wujud pembangunan ekonomi Lampung Selatan dari bidang kesenian. Yang nantinya akan membantu dalam peningkatan sektor pariwisata Lampung Selatan.

“Tidak hanya DKLS dan Dinas Pariwisata saja tapi semua lapisan masyarakat dan pemerintah bisa ikut berkontribusi untuk melestarikannya,” ucapnya.

Sementara, Ketua Harian DKLS Ponimin melaporkan kegiatan pelatihan itu merupakan program kerja dari DKLS, yang juga melekat dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Lampung Selatan.

Adapun, tujuan dilaksanakan kegiatan itu salah wujud melestaraikan dan regenerasi Seniman Tradisional yang ada di Lampung Selatan, serta menumbuhkan kreatifitas generasi muda dalam mengembangkan musik tradisional.

“Ini adalah salah satu wadah untuk melestarikan seni dan budaya daerah. Diharapkan juga seluruh peserta bisa menjadi regenerasi seniman daerah,” katanya.

Hadir pada kesempatan itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Mulyadi Saleh, Kepala Dinas Dalduk dan KB Rika Wati, Dra. Titik Nurhayati selalu Nara Sumber dari Taman Budaya Bandar Lampung, Ketua DWP Yani Thamrin. (KMF).

0 Comments: