Tamudika Menanam Trumbu Karang

Befo, KALIANDA - Tantra Muda Dwiva Bawika (Tamudika) Kalianda, Lampung Selatan, kembali menanam trumbu karang di perairan laut objek wisata kuliner Bom Kalianda, Sabtu kemarin (27/2/16).

Sebanyak 50 trumbu karang ditanam oleh organisasi kepemudaan peduli laut ini. "Ini penanaman yang ketiga, menggantikan trumbu karang yang rusak sebelumnya." ujar Pembina Tamudika, Pandu Sedya Mada Putra.

Ada yang menarik dari apa yang dilakukan oleh organisasi yang beranggotakan 25 orang dalam berbagai profesi ini, yaitu biaya untuk penanaman trumbu karang berasal dari kantong pribadi anggota, buka dari donatur. "Kita tanam dengan Modal sendiri, hasil urunan anggota." kata Pandu.

Menurut PNS di Pemkab Lampung Selatan ini, Tamudika sengaja menanam biota laut ini untuk memperindah taman bawah laut dan menyeimbangkan kembali kehidupan bawah laut yang sebagian sudah rusak.

"Tujuannya ya jelas pertama konservasi, kedua ngebungkus koservasi dengan aspek ekonomi, ketiga menjadikan tempat tersebut layak wisata, keempat mengenalkan aspek ekonomi kerakyatan dengan menjadi tujuan wisata supaya masyarakat dan pemuda lebih mandiri, kelima mendidik masyarakat dengan contoh bahwa dengan mandiri jika mau bisa maju." ungkap Pandu. (aka-foto: dok. Tamudika).

Anggota Tamudika Tanam trumbu karang.

Anggota Tamudika tanam trumbu 

Trumbu karang yang sudah ditanam.

Trunbu karang yang sudah ditanam

Anggota Tamudika siap terjun ke laut.

Anggota Tamudika Narsis usai menanam trumbu karang.

1 comment:

  1. Selamat Siang....
    saya mau memposting foto tentang pemerataan pembangunan di daerah Lampung Selatan.
    Gimana caranya agar foto saya bisa masuk di beritafoto.co ini???

    ReplyDelete