Atraksi Jatilan Buat Penonton "Kesurupan"

Befo, Lampung Selatan - Di Desa Bakauheni, Kecamatan Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan, terdapat kesenian Jatilan yang hingga saat ini masih membuat decak kagum penonton, dengan atraksi ekstrem dan tariannya yang menawan.

Kesenian Jatilan atau yang sering disebut Kuda Lumping ini masih sering melakukan pementasan atas undangan warga maupun atas inisiatif mereka sendiri. Termasuk kemarin dan hari ini, Acara kuda lumpingan yang digelar dihalaman rumah warga Bakauheni ini, dipadati penonton hingga akhir acara. 

Kesenian Jatilan ini yang juga dinamai sebagai Jaran Kepang, Kuda Lumping, atau Kuda Kepang. dinamakan demikian lantaran kesenian ini dimainkan dengan menggunakan properti berupa kuda-kudaan yang terbuat dari anyaman bambu yang di "kepang".

Diawalan oleh tarian Para penari jatilan yang terlihat gemulai namun, lama kelamaan, para penari ini akhirnya kerasukan roh halus.Pada saat kondisi ini para penari jatilan hampir tak sadarkan diri, dengan gerakan yang sulit ditebak. Agar tidak mencelakai diri sendiri maupun penonton, para pawang pun turun tangan untuk pengendali jalannya pertunjukan. Para pawang ini juga bertanggung jawab untuk mengembalikan kesadaran para penari seperti sedia kala.

Disaat kerasukan, para penari jatilan mampu melakukan berbagai atraksi mengerikan dan berbahaya, seperti memakan beling dan arang api. Minggu (09/11/14). (sangga/aka)

Befo, Bakauheni - Sejumlah penari jatilan sedang melenggok gemulai dihadapan penonton. (sangga/aka)

Befo, Bakauheni - Salah seorang penonton yang ikut kesurupan sedang ditenangkan oleh sang pawang. (sangga/aka)

Befo, Bakauheni - Salah seorang penonton yang ikut kesurupan sedang ditenangkan oleh sang pawang. (sangga/aka)

Befo, Bakauheni - Sejumlah penari jatilan yang kesurupan menari mengelilingi sang pawang. (sangga/aka)

Befo, Bakauheni - Sang pawang penari jatilan sedang melakukan ritual untuk memanggil roh halus. (sangga/aka)

Befo, Bakauheni - Anak-anak dan remaja antusias menyaksikan penari jatilan beraksi. (sangga/aka)

Befo, Bakauheni - Dua penari jatilan sedang beraksi dengan pengawasan para sang pawang. (sangga/aka)


Befo, Bakauheni - Warga padati arena atraksi penari jatilan dan kuda lumping disalah satu halaman rumah warga. (sangga/aka)



0 komentar:

Post a Comment